Apa yang menjadi salah satu kekhasan jalan Malioboro? Selain pedagang kaki lima dan becak, andong merupakan salah satunya. Alat transportasi berbentuk kereta berkuda ini merupakan budaya Jawa yang dilestarikan keberadaannya dan dapat dijumpai dengan mudah di sepanjang jalan Malioboro.

Andong menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Malioboro. Mal Malioboro mengapresiasi keunikan andong dengan menjadikannya hiasan di area pintu masuk mal. Replika andong lengkap dengan kudanya dapat disaksikan oleh pengunjung mal di area samping Hammer beserta dengan tulisan “Jl. Malioboro”.

IMG_6486

IMG_6483

Andong yang ada di mal bukanlah andong biasa. Mal membuat replika andong dan kudanya dari ribuan pensil Faber Castell. Pensil-pensil ditata dengan cermat dan detail membentuk sebuah karya seni yang sangat pas untuk diabadikan dalam foto.

Peresmian andong bersama Faber Castell berlangsung pada hari Jumat, 15 Mei 2015 dan diresmikan oleh Kepala Disdikpora, Kadarmanta Baskara Aji. Acara peresmian berlangsung di Atrium Utama dan dimeriahkan dengan pertunjukkan tari tradisional serta demo pembuatan pensil yang diikuti oleh anak-anak sekolah.

Comments are closed.